Asisten 3 Tubaba Rasidi Terima Kunjungan TIM Peninjauan Lapangan Kartu Petani Berjaya Award Provinsi Lampung

02 Dec 2022

Dibaca 249 Kali



KOMINFO TUBABA – Asisten III M. Rasidi Mewakili  Pj Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat memimpin Kegiatan Peninjauan Lapangan Penilaian KPB (Kartu Petani Berjaya) Award Provinsi Lampung Tahun 2022 yang berlangsung di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba, Jumat (02/12/22). 


Dalam Sambutannya ia menyampaikan Sebagai bentuk Apresiasi dan penghargaan kepada stakeholder terkait Implementasi Program Kartu Petani Berjaya (KPB) di masing masing Kabupaten/Kota,  Pemerintah  Provinsi Lampung dalam melaksanakan penilaian Kartu Petani Berjaya Award, Dalam hal Pemerintah Kabupaten  Tulang Bawang Barat  sangat  mendukung Suksesnya Program KPB  yang ada di Kabupaten Tubaba. 


Dengan beberapa Langkah yang telah dilaksanakan Pemda setempat sebagai berikut : Pembentukan Tim Impelemntasi dan Pengembangan Program Kartu Petani Berjaya Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dukungan anggaran untuk percepatan implementasi dan pengembangan Program KPB di Tubaba, Dukungan Pemenuhan Prasarana dan Sarana untuk Program KPB seperti adanya KPB center dan layanan mobile KPB/atau layanan KPB keliling, serta call center, Kerjasama antara Dinas Pertanian dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait validasi Nomor Induk kependudukan  petani peserta KPB Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh terkait Percepatan , Kerjasama antara DInas Pertanian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh dalam upaya pengintegrasiaan data dan informasi yang berkaitan dengan Program KPB dan memfasilitasi pelayanan konsultasi dari masyarakat melalui Pemerintah Tiyuh terkait program KPB.



Pada kesempatan itu juga ia menyampaikan bahwa  Dalam Proses Penilaian  di Kabupaten Tubaba,  Tim KPB Provinsi Lampung yang berkesempatan untuk melaksanakan Penilaian berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan. Beberapa Aspek yang dinilai pada kegiatan ini yaitu : Kelengkapan Administrasi berupa tersedianya aturan ataupun Regulasi pendukung Program KPB berupa : Surat Keputusan, MoU, PKS ataupun Kontrak Kerja, Tersediannya dukungan anggaran untuk mendukung Program KPB, Prosentase Keanggotaan KPB, Tersediaanya Prasarana dan sarana Penujang Program KPB di Kabupaten/Kota, Kelengkapan Sarana Sosialisasi  dan Materi Penyuluhan, Ketaatan dalam pelaksanaan pelaporan, Dokumentasi Kegiatan KPB di Kabupaten, Pelaksanaan Launching KPB oleh Gubernur.



Dalam proses kegiatan penilaian tersebut juga dilaksanakan simulasi pendaftaran petani melalui Aplikasi KPB –KUR. Dan pada penjelasan Tim KPB Provinsi menyampaiakn bahwa beberapa layanan pada aplikasi KPB akan terus bertambah, saat ini yang sedang dipersiapkan adalah e-KPB alsintan,e-helomedic vet, e-Gudang Ternak dan e-Market.


“Semoga seluruh Aplikasi Pada Program KPB yang menyediakaan kemudaha untuk Petani   dapat segera terimplementasi secara menyeluruh sehingga Kesejahteraan petani  dapat tercapai dan Rahyat Lampung Berjaya”. harapnya



Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dias Perikanan, Disdukcapil, PMT dan Penyuluh pertanian.

Diposting Oleh Datu Krestiyadi
dinas Komunikasi dan Informatika