M. Firsada Ingatkan Pancasila Sebagai Ideologi Negara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila

01 Jun 2023

Dibaca 229 Kali

Kominfo Tubaba - Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, mengingatkan Pancasila sebagai ideologi negara saat upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Pemda Kabupaten setempat. Kamis (01/06/2023).


Dengan mengenakan pakaian jas bewarna hitam, M Firsada memimpin jalannya upacara dan mengingatkan bahwa tepat 78 tahun yang lalu 1 Juni 1945, Bangsa Indonesia sepakat menjadikan Pancasila sebagai ideologi Negara, yang digali dari nilai luhur Bangsa.


"Kita telah bersepakat, pada 1 Juni 1945, menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara, ideologi yang meneguhkan Indonesia menjadi bangsa dan negara yang berdaulat seutuhnya, ideologi yang digali dari nilai luhur bangsa yang mempersatukan keragaman manusia dari Sabang hingga Merauke ke dalam negara kesatuan Republik Indonesia." ingat M. Firsada dalam amanatnya.


Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023, lanjut M. Firsada,  membangun peradaban dan pertumbuhan global ini sejalan dengan esensi filosofi dari Pancasila yang mengedepankan nilai-nilai luhur yang berlaku secara universal.


"Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa,  kita harus selalu ingat akan pidato Presiden Soekarno di depan sidang umum PBB pada 30 September 1960,  pidato ini telah menjadi memori kolektif dunia." imbuhnya.


Pj Bupati yang menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung ini juga mengatakan, Presiden Soekarno memperkenalkan Pancasila sebagai prinsip hidup bangsa Indonesia, dengan konsepsi wilayah yang menjadi dasar bagi membangun peradaban dunia, yakni kepercayaan kepada Tuhan, kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi dan keadilan sosial.


"Konsepsi ini adalah solusi bagi seluruh bangsa di dunia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang belakangan ini cenderung stagnan, bahkan menurun pasca pandemi global di akhir tahun 2019 yang lalu."


Menurutnya, penting untuk kembali meneguhkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini.  


Terlebih lagi dalam menghadapi gelaran pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang, kita perlu mengedepankan Pancasila  sebagai falsafah hidup bangsa, agar hajat demokrasi dapat berjalan dengan lancar sukses dan aman.


"Hajat demokrasi yang memberikan keyakinan bahwa kita mampu dan pantas menjadi pendorong bagi pembangunan peradaban dan pertumbuhan secara global," pungkasnya.


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Pemkab Tubaba, TNI/POLRI, Tokoh Adat,  Pramuka dan para Pelajar.


Sedangkan pembaca naskah Pancasila Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, dan pembaca pembukaan UUD 45 Kaban Kesbangpol Tubaba A. Marwazi, S.E., M.H.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika