Buka Sosialisasi Peningkatan Sinergitas Pemanfaatan Data Adminduk, Pj Bupati Tubaba M Firsada: Aminduk Perlu Dikelola dan Diperbarui Secara Periodik

31 May 2023

Dibaca 277 Kali

Kominfo Tubaba - Administrasi Kependudukan (Adminduk) adalah sebuah sistem yang paling penting dalam pemerintahan suatu negara. Oleh karenanya Adminduk perlu dikelola dan diperbaharui secara periodik.


Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M.Firsada, M.Si dalam sambutannya saat membuka Sosialisasi Peningkatan Sinergitas terhadap Pemanfaatan Data Admiduk yang berlangsung di Aula Lantai III, Kantor Pemda Kabupaten setempat, Panaragan. Rabu (31/05/2023).


Data dan informasi yang valid mengenai kependudukan, lanjut Pj Bupati,  dipergunakan untuk hal yang penting dan krusial seperti pembuatan kartu identitas, pemilihan umum dan pelayanan publik serta pelayanan umum lainnya.


Dalam era kemajuan tekhnologi informasi saat ini, proses digitalisasi dan komputerisasi, merupakan dua hal tak terpisahkan dalam Adminduk. 


Sehingga menurut M.Firsada memungkinkan proses data yang lebih cepat, akurat dan efisien.


"Digitalisasi memungkinkan memproses data lebih cepat, akurat dan efisien," ujarnya.



Sementara itu sebelumnya, Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) Tubaba Drs. Achmad Hariyanto, dalam laporannya mengatakan, diselenggarakannya sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan sinergitas dengan kejaksaan negeri Tubaba guna pendampingan hukum terhadap dampak penyalahgunaan data Adminduk.


"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pada pagi hari ini yang pertama adalah dalam rangka pendampingan hukum terhadap dampak penyalahgunaan data administrasi kependudukan." katanya.


Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana agar seluruh kepala tiyuh(desa), lurah dan camat dapat menyampaikan berbagai informasi seputar dokumen kependudukan kepada masyarakat di daerahnya.


Diketahui, peserta hadir mengikuti sosialisasi itu sebanyak 219 orang, terdiri Kepala OPD, camat, lurah dan kepalo tiyuh, serta operator tiyuh se-Kabupaten Tubaba, sebagai mitra Disdukcapil.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika