Tingkatkan Layanan, BPJS Kesehatan Tandatangani Kerjasama dengan Disdukcapil dan Kejari Tubaba

26 Oct 2022

Dibaca 391 Kali

KOMINFO TUBABA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menandatangani kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tulang Bawang Barat, pada Selasa (25/10/2022) bertempat di kota budaya Uluan Nughik.


Kepala BPJS Kesehatan cabang Metro Wahyudi Putra Pujianto mengatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat.


“Kerjasama yang dijalin ini merupakan upaya dalam peningkatan dan memastikan agar seluruh masyarakat di Kabupaten Tubaba (Tulang Bawang Barat - red) terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sebagaimana ketentuan, seluruh warga negara Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan, “terangnya. 


“Sehingga, ke depan kita ingin agar masyarakat yang belum ada BPJS Kesehatan dapat langsung didaftarkan oleh rumah sakit ketika masyarakat tersebut berobat atau melahirkan. Disdukcapil Tubaba berperan untuk menyiapkan dan melengkapi dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat agar segera terdaftar di BPJS Kesehatan, “lanjutnya lagi.


Dan untuk penandatanganan kerjasama dengan pihak Kejari Kabupaten Tulang Bawang Barat, Wahyudi menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan memerlukan bantuan dan pendampingan hukum terkait pelaksanaan layanan kesehatan bagi masyarakat setempat.


“Adapun untuk kejaksaan negeri, kerjasama ini dalam rangka meningkatkan efektivitas dan sinergitas penyelenggaraan program jaminan kesehatan ini khususnya dalam penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Kita membutuhkan pendampingan dan bantuan hukum oleh kejaksaan terhadap BPJS Kesehatan, supaya pelayanan terutama dalam hal administrasi dan keuangan berjalan baik, sebab ini menyangkut program dan keuangan negara,”pungkasnya.


Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Tulang Bawang Barat Drs. Ahmad Hariyanto, M.M mengungkapkan bahwa kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini dalam rangka pemanfaatan data kependudukan untuk keperluan pendaftaran keanggotaan BPJS Kesehatan.


“Penandatanganan kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini terkait dengan peningkatan layanan bersama untuk masyarakat, pada hari ini Disdukcapil juga meluncurkan aplikasi Pampers (Penerbitan Akta Anak Pasca Persalinan – red), dengan aplikasi ini setiap bayi yang baru lahir akan langsung mendapatkan dokumen kependudukannya. Mulai dari Akta Kelahiran, Kartu Indentitas Anak (KIA), termasuk pembaharuan pada Kartu Keluarga dan pemberian Nomor Induk Kependudukan-nya (NIK). Sehingga bayi tersebut dapat langsung didaftarkan di BPJS Kesehatan,” urainya.

“Untuk aplikasi Pampers Disdukcapil Tubaba, saat ini dapat dilayani di tiga tempat, yakni RSUD Tubaba, rumah sakit umum Asy-Syifa Medika, dan klinik bersalin Ummi Athaya, “ujarnya lebih lanjut.


Turut hadir menyaksikan acara ini Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Tulang Bawang Barat M. Rasidi, S.Sos dan perwakilan OPD Pemkab Tulang Bawang Barat.

Diposting Oleh Datu Krestiyadi
dinas Komunikasi dan Informatika