Sekda Tubaba Lakukan Panen Padi Bersama

13 Jun 2023

Dibaca 203 Kali

KOMINFO TUBABA - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Ir. Novriwan Jaya, SP melakukan kegiatan Panen Padi Bersama dalam Rangka Kerjasama Antar Daerah (Standby Buyer) PT. Food Station Tjipinang Jaya dengan Kelompok Tani (Poktan) Produsen Ngudi Jaya Lestari, di Tiyuh Margo Mulyo, Kecamatan Tumijajar. Selasa (13/06). 


Sekda Novriwan mengatakan bahwa, Pemkab Tubaba selalu berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan bidang pertanian sehingga pada akhirnya akan menjadikan Kabupaten Tubaba ini sebagai sentra pertanian, khususnya padi, dan untuk mendukung Provinsi Lampung menjadi lumbung pangan Nasional.


"Atas nama pemerintah daeah saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, petugas lapangan serta para petani yang telah mendukung program pembangunan pertanian, terutama dalam rangka melanjutkan dan meningkatkan swasembada beras secara berkelanjutan menuju kemandirian pangan nasional," ujar Sekda.


Tentunya, Lanjut Novriwan, kami sangat menyambut dengan baik kerjasama dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya dengan Poktan Produsen Ngudi Jaya Lestari, Karena sejak awal Pemkab Tubaba selalu mendorong pembangunan dibidang pertanian. 


"Saat ini produksi tanaman pangan khususnya komoditas padi di Kabupaten Tubaba mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan produksi tanaman pangan pada tahun 2021. Produksi padi Tahun 2022 sejumlah 75 ribu ton Gabah Kering Giling (GKG), atau meningkat 5,25% dibanding angka tetap 2021 sejumlah 70 ribu ton GKG", katanya. 


"Untuk mengamankan pencapaian sasaran produksi padi tahun 2023 kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Upaya yang harus kita dilakukan pada Musim Tanam 2023 yang merupakan musim kemarau antara lain : Pengamanan pertanaman dari kekeringan dan serangan OPT, Percepatan panen, olah tanah dan tanam terutama di daerah irigasi teknis dengan mengoptimalkan alsin yang ada," imbuhnya. 


Sementara itu, Direktur PT. Food Stations Tjipinang Jaya BUMD DKI Jakarta diwakili oleh Andre Maulana mengatakan Panen bersama tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara beberapa Poktan dan PT Food Station Tjipinang Jaya, yang sudah dimulai sejak akhir 2022 dengan luas nya sekitar 400 an hektar. 


"Hasil panen ini kita kirim ke pabrik mitra produksi padi di Pringsewu dan Kota Gajah, untuk selanjutnya kita distribusikan kepada masyarakat. Dalam tugasnya menjaga ketahanan pangan, PT Food DKI Jakarta melakukan kolaborasi bersama poktan-poktan daerah untuk memberikan timbal balik yang positif dan saling menguntungkan. Semoga kedepannya kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dan hasil panen serta kualitas padi di Tubaba semakin baik," ujarnya. 


Dia pun menyampaikan ungkapan rasa bangga bisa berkolaborasi dengan para petani di Kabupaten Tubaba.

"Kedepannya dengan adanya kolaborasi ini produktivitas dapat ditingkatkan dengan melalui pendampingan implementasi teknologi good afrikatur practice penanganan panen dan standar kualitas gabah Kering panen," pungkasnya.***

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika