Tim K3 1W ( Kandang, Kolam, Kebun dan Wisata ) Pemkab Sosialisasi Di Tiyuh Terang Makmur Tubaba

15 Mar 2023

Dibaca 257 Kali

Tim K3 1W (Kandang, Kolam, Kebun Dan Wisata ) Pemkab Tubaba Sosiliasasi Di Tiyuh Terang Makmur.

bersama aparatur tiyuh, PKK dan unsur masyarakat Tiyuh Terang Makmur Kecamatan Gunung Terang.

Kadis Kominfo Tulang Bawang Barat Eri Budi Santoso silaturahmi dan sosialisasi K3 1W Dibalai terang makmur tiyuh Terang Makmur. Rabu (15/03/2023)



Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai kebutuhan pangan dan bahan baku dapur seperti cabai terung lauk pauk seperti ikan maka perlu adanya ketahanan pangan untuk menghadapi masalah perekonomian masyarakat.


Menyikapi kegiatan K3  salah satu masyarakat tiyuh terang makmur juga sudah melakukan penanaman dan pembibitan tanaman alpukat, dan pemeliharaan ikan dalam kolam tanah berukuran 4x4 milik masyarakat pribadi.


Dalam mensukseskan kegiatan K3 Tiyuh Terang Makmur Menyiapkan 19 orang untuk kegiatan Tersebut Kemudian menargetkan kurang lebih 10 rumah, kemudian  Menggunakan lahan rumah halaman rumah, polibag, dan media tanam lainya.


Aparatur tiyuh menyiapkan rencana kerjanya

Kemudian pemahaman kepada masyarakat tiyuh kemudian melakukan Penyiapan bibit tanaman sayuran, dan ikan untuk mensukseskan kegiatan K3.


Keluhan masyarakat terang makmur salah satunya adalah harga jual hasil tanam yg terkadang tidak sesuai harga modal, dimana pada saat penanaman harga relatif standar kemudian pada saat proses panen harga menjadi relatif murah.


Menanggapi hal tersebut Kadis Kominfo menyampaikan bahwasanya masyarakat harus memiliki strategi Dimana masyarakat harus memahami tentang bagaimana kondisi pasar, dimana jika kebutuhan naik maka harganya juga relatif naik begitupula sebaliknya.


Menurut Rusmalina S.Pd sebagai Wakil kepala tiyuh terang makmur menyampaikan

Masyarakat sudah merencanakan anggaran apbd kurang lebih 20% nya adalah ayam, bibit tanaman dan kolam ikan lele yg sudah direncanakan, menunggu pencarian untuk merealisasikan rencana tersebut.

Untuk mendongkrak semangat masyarakat maka butuh Dana yg diharapkan segera cair, kemudian dalam merealisasikan rencana kerja tersebut Diperkirakan untuk budidaya lele akan dibuatkan kelompok dari masyarakat tiyuh terang makmur dan karang taruna.


Kemudian untuk cabai rampai permintaan kondisi pasar sudah tinggi, kemudian untuk prioritas utaman di tiyuh terang makmur dalam penganggarannya adalah jambalisasi stimulan.

50% kegiatan masyarakat tiyuh terang makmur adalah  jambalisasi. Kerja sama antara masyarakat tiyuh dengan karang taruna dan operator tiyuh diharapkan dapat menjadi kebermanfaatan bersama masyarakat tiyuh terang makmur.

Diposting Oleh Datu Krestiyadi
dinas Komunikasi dan Informatika