Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tubaba Memimpin Rakor Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

17 Oct 2022

Dibaca 178 Kali

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dra. Bayana, M.Si memimpin jalannya Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Di Ruang Rapat Bupati, Panaragan. Senin (17/10).


Mengawali sambutannya, asisten mengharapkan dalam menghadapi musim pancaroba yang dapat menimbulkan suatu bencana agar seluruh OPD terkait yang tergabung dalam tim penanggulangan bencana memahami tugas pokok dan fungsinya masing-masing.


"Oleh sebab itu pada siang hari ini kita semua yg tergabung dalam tim penanggulangan bencana agar memahami siapa dan harus berbuat apa ketika terjadinya suatu bencana. Sebelum bencana itu terjadi, kita harus sudah mempersiapkan segalanya. Dan ditahun 2023 diharapkan seluruh OPD yg tergabung dalam tim penanggulangan bencana dapat menganggarkan guna kepentingan tersebut." Ujarnya.


Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Tubaba Nisom, SH, MM menjelaskan menurut Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.


"Tujuan penanggulangan bencana antara lain memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, mendorong semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kedermawanan. Dalam pengelolaan resiko bencana kegiatan kesiapsiagaan merupakan upaya peningkatan kapasitas kelembagaan dan kapasitas masyarakat dalam mengelola resiko bencana. Pada kenyataannya tidak semua ancaman bencana dapat dicegah. Kegiatan kesiapsiagaan harus terencana dengan baik untuk menghindari kerugian lebih besar terutama korban jiwa." Katanya.


Hadir pula dalam rapat tersebut Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kepala Satuan POl PP, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administratur di lingkup Pemkab Tubaba dan Camat.***

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika