Pimpin Apel Mingguan, Pj. Bupati Zaidirina Tegaskan Beberapa Hal

13 Jan 2023

Dibaca 413 Kali

Kominfo Tubaba - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar apel mingguan di Lapangan Upacara Kantor Pemda Kabupaten setempat. Panaragan, Jumat (13/01/2023). 


Sebagai pembina pada apel itu, Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Zaidirina, dalam menyampaikan amanatnya menegaskan beberapa hal diantaranya dalam menghadapi Tahun politik seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Tubaba diharapkan bertindak netral dan tidak terikat dengan kepentingan politik tertentu. 


"Netral diartikan sebagai tidak terlibatnya ASN atau ikut serta langsung memihak terhadap salah satu kelompok maupun golongan, tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan, steril dari kepentingan kelompok maupun golongan, serta tidak terpengaruh kepentingan partai politik," jelasnya. 


Sebagaimana diketahui, lanjut Pj. Bupati Tubaba, disetiap penyelenggaraan Pemilu, salah satu yang mendapatkan perhatian dan biasanya ramai di pertanyakan adalah netralitas para ASN. Hal ini tidaklah mengherankan, karena disamping jumlahnya cukup banyak, ASN juga sebagai tokoh masyarakat yang sekaligus sebagai panutan masyarakat, belum lagi fungsinya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.


"Kenetralan para ASN dalam Pemilu senantiasa mendapat sorotan. Terkait hal ini, dalam berbagai kesempatan saya sering kali menekankan netralitas ASN. ASN harus netral sesuai dengan peraturan," tegas Pj. Bupati Zaidirina. 


Selain itu, Pj. Bupati Zaidirina juga menyampaikan bahwa, di era seperti sekarang ini, ASN erat kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0, dimana revolusi ini menitikberatkan pola digitalisasi dan otomasi disemua aspek kehidupan manusia. 


"Era sekarang ini, mengharuskan seluruh ASN untuk mengerti IT dan teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam mengimbangi pengetahuan dan meningkatkan pelayanan publik. Banyak pihak yang belum menyadari akan adanya perubahan tersebut, padahal semua itu adalah tantangan ASN saat ini," katanya. 


Diakhir sambutan, dia juga menghimbau agar seluruh ASN dapat meningkatkan displin dan prestasi dalam bekerja, karena itu merupakan tuntutan yang tidak boleh diabaikan oleh setiap abdi negera dan abdi masyarakat.


Menurutnya, hal itu sangat penting mengingat penegakkan disiplin di lingkungan aparatur pemerintah tidak hanya besar pengaruhnya bagi kelancaran penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan, namun bermanfaat bagi setiap pribadi pegawai negeri itu sendiri. 


"Setiap orang yang mampu mengontrol dirinya berarti memiliki disiplin pribadi yang kuat, dan akan selalu berhasil dalam hidupnya."


Ditempat yang sama juga, usai melaksanakan apel mingguan, Pj. Bupati melaksanakan senam sehat bersama seluruh kepala dinas, kepala badan, kepala bagian, dan seluruh ASN beserta non ASN dilingkungan Pemkab Tubaba. 

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika