Pj Bupati Tubaba Menerima Kunjungan Kerja Direktorat Jenderal Pajak KPP Pratama Kotabumi

11 Jan 2023

Dibaca 315 Kali

KOMINFO TUBABA - Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dr. Zaidirina, SE.,M.Si menerima Kunjungan Kerja Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotabumi dan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Menggala.


Kunjungan Dirjen dan jajarannya itu disambut langsung oleh Pj. Bupati di ruang rapat bupati, dan didampingi oleh Sekda beserta kepala opd di lingkup Pemerintah Kabupaten Tubaba. Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT). Rabu (11/01).


Nurdin Edwin selaku Kepala KPP Pratama Kotabumi menjelaskan bahwa  salah satu tujuan kedatangannya adalah untuk mempererat sinergitas dengan jajaran Pemkab Tubaba.


"Tanpa dukungan dari Pj. Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Tubaba, kami tidak bisa apa-apa. Oleh karena itu dukungan dari teman-teman Pemerintah Kabupaten Tubaba sangat kami harapkan," harapnya.


Selain itu dia mengatakan kehadirannya juga bertujuan untuk memberikan apresiasi berupa penghargan kepada Pemerintah Kabupaten Tubaba terkait dengan kinerja penerimaan pajak tahun 2022.


"Penerimaan pajak kita tahun 2022 yang lalu mencapai 134,93 % dan ini diatas rata-rata Kanwil dan Nasional. Penerimaan mengalami kenaikan karena pembayaran pajak PBB P5L dan Implementasi PMK-59 bagi instansi pemerintah.
Kemudian kinerja kepatuhan kita dalam penyampaian SPT Tahunan mencapai 113,80% dan mendapatkan peringkat ke empat. Ini tidak lepas dari ASN daerah kita," tambahnya.


Kemudian penerimaan pajak di Tulang Bawang Barat berhasil memperoleh 46 miliyar. Selanjutnya 46 miliyar tersebut kembali lagi menjadi TKDD sebesar 725 miliyar.


"Ini bisa kita tingkatkan bu, karena saya masih bisa melihat potensi-potensi terutama di sektor PBB nya. Jika besar kita menerima pajak maka TKDD kita bisa hidup. Kemudian untuk penerimaan PBB kita kemarin hanya 4 NOP dengan nilai Pokok Pajak 1,7. Kemudian di tahun 2023 mari kita bersama-sama mengukir prestasi kembali terkait Kepatuhan Formal SPT Tahunan yang jatuh tempo pada bulan Maret," Pungkasnya.


Lebih lanjut Pj. Bupati Tubaba menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang atas kunjungan DJP KPP Pratama Kotabumi di Kabupaten Tubaba.


"Jika kita tidak peduli, maka susah untuk mencapai indikator-indikator pencapaian kinerja penerimaan pajak, maka syukur Alhamdulillah kita mendapatkan apresiasi penghargaan yang bisa menambah semangat dan motivasi kami selaku jajaran Pemerintah Kabupaten Tubaba. Karena itulah apresiasi tersebut juga merupakan salah satu pengakuan atas kinerja yang baik dan benar," ujarnya.


Dia juga menjelaskan bahwa pembayaran pajak juga bisa dilakukan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Smart Village yang dinilai dapat memberikan kemudahan pembayaran pajak di desa.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Dinas PUPR, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BPKAD, Kepala BPPRD, Kepala Inspektorat, Kepala KP2KP Menggala dan jajaran KPP Pratama Kotabumi.***

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika