M. Firsada Pastikan Ketersediaan Pangan Menjelang Idhul Adha

22 Jun 2023

Dibaca 101 Kali

Diskominfo Tubaba - Guna mengetahui kondisi harga dan ketersediaan berbagai kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M Firsada, M.Si., berkunjung ke salah satu pasar, yakni Pasar Modern Pulung Kencana, pada Kamis (22/06/2023) pagi.


Pj Bupati Tubaba M Firsada mengatakan, harga bahan pokok tidak mengalami lonjakan atau masih stabil menjelang perayaan Hari Raya Idhul Adha.


"Stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok masih baik. Ini yang akan kami cek terus," kata M Firsada saat meninjau pasar.


Menurutnya,  peninjauan ini juga dilakukan untuk memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok untuk satu minggu ke depan cukup dan harga stabil.


“Hasil dari pantauan hari ini untuk memastikan stok aman seperti Minyak Goreng, Beras, Cabai merah dan harga yang stabil,” imbuhnya.


Meski dikatakan stok dan harga bahan pokok masih dalam kondisi stabil, Pj. Bupati M. Firsada menghimbau agar tetap menjaga komoditas suplai ketersediaan bahan pokok.


Namun demikian, lanjut Pj. Bupati M. Firsada yang juga sebagai Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung,  jika terjadi lonjakan harga, harus dikendalikan, kuncinya adalah ketersediaan, apabila ketersediaan cukup, maka harga akan stabil. 


"Namun jika suplay berkurang atau tidak mencukipi, maka kita akan mendatangkan komoditi dari daerah lain," tandasnya.


Diketahui sebelumnya, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tubaba yang terus melakukan monitoring dan operasi pasar menyatakan stok dan harga masih terjaga.


"Dari hasil monitoring yang kami lakukan di Pasar harga relatif stabil, memang ada penurunan dan kenaikan harga komuditas yang bervariasi namun masih diangka wajar," jelas Suwardi TIM TPID sekaligus Kepala Bagian Perekonomian Setdakan Tubaba.


Melalui program monitoring pasar tersebut,  Pemerintah Kabupaten Tubaba berharap masyarakat dapat mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau khusunya menjelang Hari Raya Idhul Adha Tahun 2023.


“Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba, melalui TPID juga terus melakukan operasi pasar guna menekan inflasi dan menjaga ketersediaan," pungkasnya.


Turut hadir dalam peninjauan  tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dra. Bayana,M.Si., dan sejumlah pejabat terkait.***

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika