Pj Bupati M Firsada Komitmen Penuhi Hak dan Perlindungan Anak Terencana di Tubaba

06 Jun 2023

Dibaca 204 Kali

Kominfo Tubaba - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) berupaya serius guna mewujudkan Tubaba sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), saat ini Kabupaten Blora telah memasuki tahapan Verifikasi Lapangan Hybrid KLA Tahun 2023.


Verifikasi tersebut dilakukan dihadapan tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI dan (PPPA) Provinsi Lampung secara virtual di Ruang Rapat Bupati Kabupaten setempat. Panaragan, Senin (05/06/2023).


Secara daring, dihadapan tim penilai Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si., sampaikan komitmen untuk memenuhi hak dan perlindungan anak secara terencana di daerah yang berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai.


"Komitmen itu dilakukan agar anak-anak dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai hak dan martabat kemanusiaan, dan yang terpenting mendapat perlindungan dari kekerasan dan juga diskriminasi,“ ujar Pj Bupati Drs. M. Firsada.


Untuk mendukung komitmen tersebut, Pj Bupati M Firsada mengatakan bahwa pihaknya telah menyusun berbagai kebijakan yang tertuang didalam peraturan serta keputusan bupati, guna terlaksananya pemenuhan hak dan perlindungan anak di lima klaster penilaian KLA hingga ke tingkat kelurahan dan tiyuh (desa).


"Secara kelembagaan, Pemda telah menyusun berbagai kebijakan berupa Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, juga Surat Keputusan untuk mendukung terlaksananya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Semuanya telah terimplementasi pada program dan kegiatan serta pengembangan berbagai inovasi yang ada pada jajaran perangkat daerah dilingkup Pemkab Tubaba,” jelasnya.


Pj Bupati juga menghimbau, guna mewujudkan komitmen tersebut para pemangku kepentingan di daerah agar dapat saling bersinergi. "Stakeholder terkait merupakan salah satu elemen penting dalam mengembangkan serta mewujudkan Tubaba menjadi KLA," pungkasnya.


Hadir dalam acara ini, anggota gugus tugas KLA, baik dari jajaran perangkat daerah di lingkup Pemkab Tubaba, TP PKK Tubaba, Ketua DWP Tubaba serta seluruh unsur terkait dalam pengembangan KLA termasuk Forum Anak Daerah Kabupaten Tubaba.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika