Sekda Novriwan Sambut Kedatangan KSP Moeldoko dan Perusahaan Mercu Bio Tech Malaysia di Tubaba

13 May 2024

Dibaca 199 Kali

Diskominfo. tubaba.go.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Ir. Novriwan Jaya, SP., menyambut kedatangan Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI dan Pimpinan Perusahaan Mercu Bio-Tech Malaysia, dalam rangka meninjau potensi peningkatan Produksi Perkebunan Karet di Kabupaten Tubaba, yang berlangsung di Lahan Perkebunan Karet, Komplek Uluan Nughik, Senin (13/05/2024).


Dalam sambutan Pj Bupati yang dibacakan oleh Sekdakab, menyatakan kehadiran Jendral TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko memberikan semangat dan dorongan tersendiri dalam mengembangkan teknologi serta menjalin kerjasama yang baik antar negara.


Dia menjelaskan, kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau uji coba teknologi sadap karet yang diinisiasi oleh Mercu Group Malaysia bekerjasama dengan Muhammadiyah Lampung. 


"Teknologi ini, tanpa diragukan lagi, akan memiliki dampak yang luar biasa dalam peningkatan produktivitas sektor pertanian, khususnya dalam industri karet di daerah kita," kata Sekda.


Dia berharap, melalui kerjasama yang dibangun antara Mercu Bio Tech Malaysia dan Muhammadiyah Lampung, teknologi tersebut tidak hanya membawa manfaat bagi para petani karet di Tubaba saja, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung secara keseluruhan.


"Kita harus menyadari bahwa keberhasilan suatu daerah tidak hanya ditentukan oleh potensi alam yang dimilikinya, tetapi juga oleh kemampuan dan keberanian kita untuk menerapkan teknologi-teknologi inovatif guna meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.


Sekda juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung dan mengapresiasi upaya Mercu Bio Tech Group dan Muhammadiyah Lampung dalam mengembangkan teknologi sadap karet tersebut.


"Mari kita jalin kerjasama yang kuat, saling mendukung, dan saling memotivasi untuk terus berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan Lampung yang lebih baik," tutupnya.


Sementara itu, Jendral TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, meyakini sepenuhnya teknologi tersebut akan membawa sebuah perubahan khususnya di bidang petani karet dapat maju.


"Dengan ini harapan kita bersama untuk melakukan hal yang baik ini kita gunakan dan manfaatkan semaksimal mungkin untuk kita dapat maju dalam usaha tani khususnya di bidang petani karet. Semoga kedepan kita semua menjadikan Lampung khususnya di Kabupaten Tubaba dapat maju dan sejahtera ditingkat petaninya dan harga akan begitu meningkat, dengan dulunya harga 5 ribu sampai 6 ribu, insyaallah akan meningkat naik nya harga karet dengan harga sekarang 10 ribu bisa jadi naik menjadi 15 ribu," pungkasnya.


Menurut hasil pantauan Reporter Dapurberita di lokasi tersebut, nampak hadir CEO Mercu Bio Tech Malaysia, Dato Ahmad Sri Sukimi beserta Tim dari Brunei Darusalam, Jajaran Forkopimda, Ketua DPD HKTI Lampung, Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Tubaba.

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika