Bersama Mahasiswa KKNT IPB, DPMPTSP Tubaba Lakukan Diskusi Sinergitas Program Kerja Tiyuh Ramah Investasi

10 Jul 2024

Dibaca 196 Kali

Diskominfo. tubaba.go.id - Bertempat di Ruang Rapat MPP Tulang Bawang Barat, Selesa (09/07/2024), Tiyuh (Desa) Ramah Investasi menjadi saksi kolaborasi inspiratif antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi dari Institut Pertanian Bogor (IPB). 


Acara bertajuk "Koordinasi dan Diskusi Sinergisitas Program Kerja Tiyuh Ramah Investasi" ini berhasil menciptakan momentum positif bagi pengembangan potensi tiyuh dan pemberdayaan masyarakat setempat.


Dalam suasana yang penuh antusiasme, DPMPTSP bersama dengan tim mahasiswa KKNT Inovasi IPB menyusun berbagai strategi inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Tiyuh Ramah Investasi. 


Melalui diskusi yang terarah, ide-ide segar pun tercipta untuk menjalankan program kerja yang berkelanjutan dan berdampak positif dalam jangka panjang.


Salah satu fokus utama dari pertemuan ini adalah upaya untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan mahasiswa dalam mendukung pembangunan tiyuh. DPMPTSP sebagai leading sector dalam hal investasi terus memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa KKN IPB agar langkah-langkah yang diusulkan dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan regulasi yang berlaku.


Dalam arahannya, Kepala DPMPTSP Tubaba Drs. Ahmad Hariyanto, M.M., menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam mengimplementasikan program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan pembangunan tiyuh.


Ia juga menekankan bahwa kolaborasi seperti ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang ramah investasi, sehingga potensi ekonomi tiyuh dapat berkembang secara optimal.


Dikesempatan itu, Ahmad Hariyanto juga menyampaikan paparan mengenai Profil Investasi di Kabupaten Tubaba serta tentang program Tiyuh Ramah Investasi dan hal-hal yang berkaitan seperti hambatan yang dihadapi serta langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan dalam penyusunan Tiyuh Ramah Investasi.


"Koordinasi dan diskusi sinergisitas antara DPMPTSP dengan mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB seperti ini menggambarkan semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan pembangunan. Melalui kolaborasi yang erat dan komunikasi yang intens, diharapkan akan tercipta model pengembangan tiyuh yang berkelanjutan dan inklusif, di mana setiap langkah yang diambil memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh elemen masyarakat," ungkapnya.


Sementara itu, Mahasiswa KKN menyambut dengan positif kegiatan tersebut, para mahasiswa juga memberikan paparan mengenai berbagai gagasan kreatif dan solusi inovatif yang mereka miliki untuk mendukung pembangunan tiyuh.


Aqil, salah satu perwakilan peserta KKN yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan perlunya informasi yang lengkap tentang tiyuh seperti daya beli masyarakatnya dan potensi yang ada di tiyuh untuk menarik investor.


Rifki juga menambahkan agar informasi lengkap tentang tiyuh perlu disampaikan dalam website yang dapat diakses oleh publik seperti fasilitasi promosi produk unggulan di masing-masing tiyuh.


Sedangkan, ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Tubaba, Eri Budi Santoso, berharap agar mahasiswa KKNT Inovasi IPB dapat turut serta mencari potensi-potensi dari Tiyuh, khususnya di lokasi tiyuh penempatan KKN.


"Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kerjasama lintas sektor dan generasi, Tiyuh Ramah Investasi menunjukkan komitmen dan determinasi untuk terus berkembang menjadi contoh dalam penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan dan inklusif. Semangat inovatif yang ditunjukkan oleh mahasiswa KKN IPB pun menjadi pendorong utama bagi terwujudnya transformasi positif di berbagai aspek kehidupan masyarakat tiyuh," ujar Kadis Kominfo.


Menurutnya, komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang ramah investasi, inklusif, dan berdaya saing tinggi tampaknya menjadi landasan kuat bagi Tiyuh Ramah Investasi dan para pemangku kepentingan terkait.


"Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi yang kuat, pembangunan tiyuh bukan lagi menjadi sekadar wacana, namun telah menjadi visi bersama kita semua yang diupayakan dengan langkah-langkah konkret dan nyata," pungkasnya.


Di momen tersebut, Pemkab Tubaba melalui Dinas terkait dan mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB sepakat untuk terus berkolaborasi dan menyusun program kerja yang memberikan manfaat secara optimal bagi Tiyuh Ramah Investasi. 


Dengan demikian, diharapkan pembangunan tiyuh dapat berjalan secara berkesinambungan, memberdayakan masyarakat secara menyeluruh, dan menghasilkan dampak positif yang terukur dalam jangka panjang.


Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala DPMPTSP Drs. Ahmad Hariyanto, M.M beserta Jajaran, Kepala Dinas Kominfo Eri Budi Santoso, S.Sos., M.H., beserta staf dan perwakilan, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB 2024.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika