Kunjungi KPUD, M. Firsada : Semoga Tahapan Pemilu Dan Pilpres Bisa Dilalui Dengan Baik

31 May 2023

Dibaca 126 Kali


Kominfo Tubaba - Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat, Drs. M. Firsada, M.Si. mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Tiyuh Candra Mukti, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Senin (29/05/2023).


Di kesempatan ini, M. Firsada menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya kali ini adalah untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi dengan KPU Tulang Bawang Barat dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu dan Pilpres tahun 2024 mendatang.


M. Firsada menuturkan bahwa KPU bukan sebagai sub ordinasi dari pemerintah daerah namun sebagai sebuah lembaga yang independen dan memiliki kewenangan penuh sebagai penyelenggara pemilu.


“Tujuan saya bersilaturahmi ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan informasi, antara lain tentang bagaimana sumber daya KPU, apa agenda KPU, sejauh mana tahapan yang telah dilaksanakan. Sehingga bisa saling bersinergi dalam pelaksanaan pemilu dan pilpres agar sesuai dengan koridor ketentuan, mulai dari teknis pelaksanaan, pembentukan TPS, surat panggilan, logistik dan lain sebagainya,“ ujarnya.


Lebih lanjut dia juga menerangkan bahwa perlu untuk terus saling berkoordinasi dan meningkatkan komunikasi sebagai antisipasi terhadap potensi yang menganggu kelancaran pesta demokrasi di Tulang Bawang Barat.


“Jika saya tidak ke sini, komunikasi akan sulit, situasi-situasi ini bisa diatasi apabila kita saling berkomunikasi dan bisa memimalisir dampak dari kesalahpahaman baik di TPS, maupun di PPK ataupun di tahapan penghitung suara,” terangnya lagi.


Pada akhir sambutannya, M. Firsada mengajak semua pihak untuk fokus pada tahapan pelaksanaan  pemilu dan pilpres sehingga dapat terlaksana dengan baik dan sukses.


“Yang lebih penting lagi bahwa Pemilu dan Pilpres ini memiliki indikator keberhasilan, tidak hanya dari partisipasi masyarakat atau pemilih, namun juga pada indikator keberhasilan pelaksanaannya. Apakah pelaksanaannya jurdil, apakah sistem dari TPS sampai dengan penghitungan di KPU linier jalannya, berjenjang, transparan dan akuntabel. Semoga tahapan Pemilu dan Pilpres bisa kita lalui dengan baik, dan indikator pemilu dan pilpres dapat dipenuhi apakah dari partisipasinya, penyelnggaranya dan tujuannya apakah jujur adil dan seterusnya," pungkasnya.


Ketua KPU Cecep Ramdani, S.Sos., M.IP. serta seluruh komisionernya hadir menyambut kunjungan kerja M. Firsada yang didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika