Hadiri Penilaian Lomba Desa, M Firsada Minta Penilaian Secara Objektif

22 Jun 2023

Dibaca 97 Kali

Diskominfo Tubaba - Pejabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs.M Firsada M.,S.i menghadiri acara Penilaian lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, di Balai Tiyuh Margo Mulyo, Kecamatan Tumijajar, Kamis (22/6/ 2023).


Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Tubaba memberikan ucapan selamat datang kepada tim Penilai Lomba Desa di Tiyuh Margo Mulyo yang dipilih  sebagai tiyuh yang menjadi objek penilaian.


"Capaian yang nyata yang selama ini telah dilakukan oleh Tiyuh Margo Mulyo baik dalam event-event nasional maupun di tingkat Provinsi Lampung. Dan Tiyuh Margomulyo sudah memiliki nama sebagaimana disampaikan Kepala Tiyuh baik dari segi kerajinan maupun perekonomian." Katanya.


Dia juga menjelaskan bahwa Tiyuh Margo Mulyo sudah menunjukkan prestasinya di bidang UMKM dan sudah menunjukkan sebagaimana Kabupaten Tubaba  yang berprestasi


"Kami Pemerintah Kabupaten Tubaba berharap tim penilai dapat menilai secara objektif baik dari indikator-indikator penilaian maupun dari keadaan dilapangan," ujarnya."


Lebih lanjut, Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. Intizam mewakili Gubernur Lampung, menerangkan dengan memperhatikan tugas Desa dapat dilihat bahwa seluruh proses kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah pada akhirnya akan menjadi tugas dan bermuara di Desa.


"Oleh sebab itu, dituntut kepiawaian kepala Desa untuk dapat  memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh potensi yang tersedia agar dapat mendukung suksesnya proses pembangunan di Desa. Perkembangan Desa dan kelurahan adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai serta menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan Desa dan kelurahan," ucapnya.


Salah satu tahapan dalam rangka evaluasi adalah Perlombaan Desa, yang meliputi 3 bidang penilaian yaitu Bidang Pemerintahan Desa, Bidang Kewilayahan Desa dan Bidang Kemasyarakatan Desa dengan 19 aspek dan 490 indikator penilaian. Perlombaan Desa dan Kelurahan pada Tahun 2023 mengusung tema "Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa/Kelurahan".


"Melalui kesempatan ini, saya berharap kepada Kepala Desa beserta perangkat, dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa akan semakin berhasil guna, sebagaimana harapan saya desa-desa di Provinsi Lampung makin berjaya." Pungkasnya.***

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika