Rapat Sosialisasi Penyusunan Laporan Pj. Bupati Tri Wulan III

12 Jan 2023

Dibaca 221 Kali

KOMINFO TUBABA - Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar Rapat Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Tugas Penjabat Bupati Tri Wulan III. Rapat berlangsung di Ruang Rapat Bupati setempat. Panaragan, Kamis (12/01/2022). 


Saat berlangsungnya rapat, Pj. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, S.E., M.Si., mengatakan rasa terimakasihnya kepada organisasi perangkat daerah yang telah melakukan kerjasama dalam penyusunan laporan tri wulan pertama dan kedua. Berdasarkan evaluasi oleh Kemendagri, laporan pelaksanaan tugas penjabat Bupati untuk tri wulanan pertama  meraih kategori “cukup”. Zaidirina menargetkan untuk lapora selanjutnya dapat meningkat nilainya menjadi “baik”.


 “Terimakasih atas kerjasamanya. Pada saat periode pertama kita masih meraba-raba apa yang harus dilaporkan namun dengan kerja keras dan kerjasama kita sudah mendapat nilai yang cukup lumayan," ujarnya. 


Menurutnya, laporan itu bukan hanya terkait evaluasi Pj  Bupati saja, melainkan agar Pemda melaksanakan mandatory yang telah digariskan,  yakni sebanyak 29 item diluar inovasi yang dilakukan sesuai tupoksi yang harus dikerjakan.


Beberapa program inovasi Pemkab Tubaba yang diharapkan dapat meningkatkan nilai dalam laporan antara lain,  Program Nenemo Mandiri Pangan dengan multiplayer effect bagi seluruh tiyuh di Tubaba, Mall Pelayanan Publik digital yang akan meningkatkan pendapatan daerah, pembangunan sentra ternak dengan layanan konsultasi dokter hewan gratis dan penjualan pakan hewan melalui BUMti/ BUMdes, sapi unggulan dan lain sebagainya. Kemudian rencana pembanguan Pusat Rehabilitasi Narkoba Yustisia yang telah dikoordinasikan dengan stakeholder terkait. 


Dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba  Ir. Novriwan Jaya, S.P., yang hadir dalam kesempatan itu mengapresisasi prestasi Tubaba dalam menyusun  beberapa laporan seperti LPPD, SAKIP, dan lainnya, sehingga Tubaba memperoleh penghargaan seperti Kabupaten Peduli HAM akhir-akhir ini.


”Kalau kita kerja dengan baik pasti hasil penilaian itu mengikuti. Saya minta seluruh OPD melakukan kerjasama, jika ada yang kurang jelas agar melakukan koordinasi untuk segera dilakukan perbaikan. Kalau bisa naik dari cukup menjadi baik." harap Sekda Tubaba. 


Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Yanto, dalam pemaparannya mengatakan, Kabupaten Tubaba dalam evaluasi tri wulan pertama memperoleh nilai dengan prosentase 75 persen atau  cukup. Sementara untuk tri wulan II masi dalam tahap finalisasi penilaian. Saat ini masuk tahap penyusunan tri wulan III. 


"Kami sampaikan karena pada laporan sebelumnya indikator masih abstrak dan sekarang sudah jelas dan akan ada tambahan sehingga diharapkan akan memudahkan OPD untuk mengevaluasi dan meng-update data capaian kinerja tahun 2022 sampai awal 2023 ini dalam rangka menyusun bahan Laporan Pelaksanaan Tugas Penjabat Kepala Daerah periode 22 November 2022 s.d Februari 2022," katanya.***

Diposting Oleh Richard Atherton
dinas Komunikasi dan Informatika