Semarakkan HUT ke-78 RI, Pemuda-pemudi Suku Enam Tiyuh Penumangan Adakan Bermacam Perlombaan

20 Aug 2023

Dibaca 474 Kali

Diskominfo Tubaba - Sudah menjadi tradisi saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI setiap daerah di Indonesia menggelar berbagai kegiatan dan tangkai perlombaan.


Sebagaimana yang dilakukan Pemuda dan Pemudi Suku Enam Tiyuh (Desa) Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, yang menggelar berbagai kegiatan, yang berlangsung di Halaman Rumah Kepala Suku Enam Tiyuh setempat, Minggu (20/08/2023).


Beragam acara penyambutan hari kemerdekaan ke-78 RI, Panitia acara menerapkan bermacam acara perlombaan yakni, lomba balap karung menggunakan helm, tarik tambang berpakaian daster, lomba makan kerupuk, lomba gelas menggunakan balon, Lomba estapet air menggunakan sedotan, lomba estapet air, lomba menangkap bebek dengan mata tertutup, lomba helm kait, serta lomba joget balon berpasangan.


Terlihat begitu antusiasnya masyarakat, tak perduli kalah atau menangnya, persaudaraan dan kekompakan tetap terjalin. Yang tak kalah meriahnya Kepala Tiyuh Penumangan Saikuddin, Kepala Suku 6 Daryantoni Tarmisi, dan jajaran aparatur tiyuh setempat ikut serta dalam acara perlombaan tersebut.


"Memang setiap tahun pemuda pemudi suku enam kami selalu memperingati HUT RI dengan berbagai macam kegiatan seperti hari ini," ujar Kepala Suku Daryantoni.


Dikatakannya, pada tahun ini kegiatan peringatan HUT ke-78 RI lebih semarak dari sebelumnya. Sebab memang dalam dua tahun terakhir, negara dilanda pandemi. Oleh sebab itu, tidak adanya kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti saat ini.


Daryantoni juga mengatakan, dalam kegiatan peringatan HUT RI pihaknya memberikan dukungan penuh kepada panitia serta pemuda pemudi suku enam Tiyuh Penumangan yang begitu aktif dalam pelaksanaanya.


“Kami ucapkan terimakasih kepada Japar Musik dan semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh terselenggaranya kegiatan ini, sehingga tak hanya panitia, tapi seluruh masyarakat Suku Enam juga sangat antusias dalam kegiatan peringatan HUT RI ini,” Jelasnya

Dia mengucapkan syukur sebab peringatan HUT RI yang diselenggarakan di wilayahnya dapat berjalan sukses dan baik, serta masyarakat yang ada sangat antusias.


“Kami merasa senang dan bangga, sebab peringatan HUT RI di Suku kami sangat semarak dan masyarakat sangat antusias dalam menyaksikan kegiatan yang dimulai dari pagi hingga lanjut di malamnya,” katanya.


Sementara itu, Ketua Panitia Perlombaan, Andika Bakarudin, manyampaikan, pelaksanaan berbagai lomba dalam rangka memperingati HUT RI di Suku Enam Tiyuh Penumangan ini terlaksana dan dapat terselenggara karena dukungan dari pemerintahan tiyuh.


“Semoga kegiatan memeriahkan kemerdekaan RI terus hidup dan bergema di Suku Enam ini, dan berharap seluruh pemuda pemudinya dapat terus menjaga persatuan serta kekompakkan yang selama ini sudah terjalin,” tandasnya.


Acara tersebut dihadiri seluruh masyarakat setempat, Kepala Tiyuh Penumangan Saikuddin, Kepala Suku Enam Tiyuh Penumangan Daryantoni Tarmisi beserta jajaran aparatur tiyuh penumangan lainnya.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika