Pembinaan dan Pemberdayaan BUMTI, Bayana Minta Gali Potensi Tiyuh.

02 Jul 2024

Dibaca 168 Kali

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT) Tubaba mengadakan Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMTi) dan Badan Usaha Milik Tiyuh Bersama (BUMTi Bersama).

Kegiatan ini dipusatkan di Jasa Prima Homestay, Tiyuh Tirta Makmur. Selasa, 02 Juli 2024.


Penjabat Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si., yang pada kesempatan kali ini di wakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Tubaba Dra. Bayana, M.Si., dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan meminta kepada Pemerintah Daerah dan Masyarakat untuk tetap menjaga sinergi dalam mengembangkan usaha lokal.


"Penting bagi kita untuk senantiasa bersinergi antara pemerintah daerah, BUMTi, dan masyarakat. Kolaborasi yang baik akan memperkuat daya saing dan ketahanan ekonomi tiyuh, serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan usaha-usaha lokal," ucapnya.


Lebih lanjut Bayana juga mengajak masyakarat untuk terus menggali potensi daerah demi meningkatkan daya saing bisnis ditingkat tiyuh.


"Kita akan bersama-sama meng-identifikasi potensi-potensi baru yang bisa di kembangkan, serta merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis di tingkat tiyuh," ajaknya.


Sementara itu, Kepala DPMT Tubaba Sofiyan Nur mengatakan bahwa pembinaan dan pemberdayaan BUMTi / BUMTi Bersama itu bertujuan agar tata kelola dan penyusunan pelaporan keuangan sesuai dengan aturan pengembangan usaha dan unit usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian Tiyuh (Desa), mengoptimalkan aset Tiyuh untuk kesejahteraan Tiyuh, membuka lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat Tiyuh dan pendapatan asli Tiyuh.


“Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari saja yang diikuti seluruh Direktur BUMTi /BUMTi Bersama dari 9 Kecamatan dan 100 Tiyuh, dengan total jumlah peserta 102 orang perwakilan, terdiri dari 100 BUMTi dan 2 BUMTi Bersama,” terang Sofiyan.


Diketahui pihak DPMT mengundang beberapa unsur yang berkompeten di bidangnya untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap BUMTi dan BUMTi Bersama, diantaranya Adia Rebi Kasi Datun Kejari Tubaba, Anwar Sayfudin Auditor Madya BPKP Provinsi Lampung, Ogi Marsenal Ipando dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Muhammad Anwar Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat.

Diposting Oleh Fajar Yoga Sailendra
dinas Komunikasi dan Informatika