Pj Bupati Zaidirina Terima LHP BPK Hasil Pemeriksaan Kepatuhan atas Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022

21 Jan 2023

Dibaca 236 Kali

KOMINFO TUBABA - Pj Bupati Zaidirina Tulang Bawang Barat (Tubaba) menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Perwakilan Provinsi Lampung Semester II Tahun 2022, terkait

Hasil Pemeriksaan Kepatuhan atas Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 dari Kepala BPK Lampung Yusnadewi, di Auditorium Lt.3 BPK Perwakilan Provinsi Lampung. 

Dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Lampung Selatan, Pj Bupati Tulang Bawang, Pj Bupati Tulang Bawang Barat, serta Anggota DPRD dan Inspektur Kabupaten/Kota. Jum’at (20/1/2023).


Yusnadewi menyampaikan bahwa posisi Tindak Lanjut Triwulan III Tahun 2022, BPK mengapresiasi kepada Kabupaten Tulang Bawang Barat menduduki urutan pertama dengan pencapaian 94,92%.

Yusnadewi berharap hal ini dapat meningkatkan tindak lanjut, karena itu menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan materialitas dalam pemerintahan laporan keuangan.


Ia menjelaskan BPK memiliki 3 jenis pemeriksaan, diantaranya:

1. Pemeriksaan keuangan yang dilakukan setiap tahun pada Provinsi, Kabupaten/Kota.

2. Pemeriksaan kinerja yang memenuhi kriteria sesuai yang telah ditetapkan.

3. Pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Yang mana pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan kinerja adalah dukungan dari pemeriksaan keuangan. 

Hasil pemeriksaan ini tidak akan terpisahkan dari penilaian pemeriksaan laporan keuangan.


Dalam sambutannya, Gubernur Arinal juga menjelaskan bahwa Laporan Hasil Pemeriksaan BPK menjadi media introspeksi bagi Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan belanja daerah. Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan menjadi masukan yang konstruktif guna perbaikan dan penyempurnaan dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota.


“Semakin baiknya pengelolaan keuangan, akan berimplikasi terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah”, Jelas Gubernur Arinal.


Gubernur Arinal mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Lampung atas pembinaan terhadap Pemerintah Provinsi Lampung, Kabupaten/Kota. 



Artikel oleh Novia Ardiyanti

Photo oleh Adil Firdaus


Diposting Oleh Adil Firdaus
dinas Komunikasi dan Informatika