Dilantik Jadi Kepala DPKP, Iskandar Langsung Aksi Cepat

26 Jul 2024

Dibaca 108 Kali

Diskominfo. tubaba.id - Setelah dilantik Pj Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M Firsada, sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Tubaba pada 23 Juni kemarin, Iskandar S.E., M.M., langsung melakukan aksi gerak cepat dengan memeriksa kondisi sarana dan prasarana kantornya.


Menurut Iskandar, hal yang dilakukannya itu sesuai amanat yang disampaikan Pj Bupati Tubaba pada saat melantik dirinya sebagai Kepala DPKP Tubaba.


"Kami berupaya mengambil langkah-langkah sesuai dengan amanat yang disampaikan Pj Bupati Tubaba pada saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk memastikan kesiapan serta mengecek kondisi sarana dan prasarana serta personil dan mengambil langkah-langkah dalam menghadapi musim kemarau Tahun 2024 ini," kata Iskandar dilokasi, pada Jumat (26/07/2024).


Dia menyatakan bahwa peningkatan kesiapan dan kualitas pelayanan Pemadam Kebakaran (Damkar) sangatlah penting untuk menangani keadaan darurat di masyarakat, terutama menghadapi musim kemarau.


Dalam pemeriksaannya, Iskandar melakukan inspeksi mendetail terhadap setiap unit kendaraan pemadam, mulai dari pemadam kebakaran hingga kendaraan penyelamatan. Ia memeriksa kelengkapan peralatan keselamatan, kondisi mesin, serta sistem komunikasi yang digunakan oleh personil.


"Setelah melakukan Pengecekan terhadap Kendaraan dan alat pemadam kebakaran yang kita miliki, memang masih terbatas dan belum memadai, serta memerlukan beberapa perbaikan, untuk itu kami akan segera mengambil langkah-langkah guna kesiapsiagaan, terutama dalam menghadapi musim kemarau tahun ini," ungkapnya.


Selain melakukan pengecekan terhadap kendaraan, Iskandar juga menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan para personil Damkar. Ia memberikan motivasi dan arahan agar seluruh anggota Damkar selalu siap siaga dan memiliki semangat dalam menjalankan tugas sebagai pahlawan kemanusiaan.


“Kami semua memiliki tanggung jawab besar dalam melindungi masyarakat dari bencana. Saya berharap agar kita semua bekerja dengan profesional dan penuh dedikasi,” tuturnya.


Para personil Damkar merespon dengan antusias atas kehadiran dan perhatian dari Kepala Dinas baru. Mereka berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi segala bentuk keadaan darurat.


Dikesempatan itu, Iskandar juga mengungkapkan rencananya untuk memberikan pelatihan lebih lanjut kepada personil Damkar Tubaba guna meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam penanganan kebakaran dan penyelamatan.


Dirinya mengatakan bahwa kedepan ini pihaknya akan membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di 100 tiyuh/desa dan 3 Kelurahan.


"Untuk itu segera kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh, serta Camat se-Kabupaten Tulang Bawang Barat dan mensosialisasikan hal ini ke seluruh tiyuh dan kelurahan se Kabupaten Tulang Bawang Barat," terangnya.


Langkah selanjutnya, sambung Iskandar, kami akan memberikan himbauan kepada seluruh kantor pemerintahan dan swasta, pelaku usaha, serta masyarakat untuk dapat menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), guna antisipasi dan pencegahan awal bila terjadi kebakaran.


Pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN agar nantinya dapat bersama-sama melakukan sosialisasi dan langkah-langkah antisipasi terkait pemasangan jaringan listrik, guna mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek.


"Mohon doa dan dukungan seluruh lapisan masyarakat agar kami dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika