TP PKK Tubaba Raih Penghargaan Dalam Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung

09 Jun 2023

Dibaca 92 Kali

Kominfo Tubaba : Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan TP PKK Provinsi Lampung menggelar lomba Masak Serba Ikan tingkat provinsi, yang digelar di halaman Kantor Gubernur pada Jum’at (09/06/2023). Lomba ini diikuti oleh 15 regu dari perwakilan TP PKK Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung.


Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Tulang Bawang Barat, Dra. Hanita Farial Firsada, M.Si. menyaksikan langsung regu dari TP PKK Tubaba mengikuti lomba dengan didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Drs. Sujatmiko dan Ketua DWP Tubaba Novianti Novriwan Jaya. 


Dalam lomba masak serba ikan kali ini TP PKK Tubaba menampilkan tiga sajian masakan berbahan dasar ikan Gabus, atau yang biasa disebut oleh masyarakat Lampung dengan ikan Ukhkhun.  Dengan menampilkan Steik Ukhkhun Saus Asem Kembang untuk menu keluarga, Mie Q-Qim Rolade Punyew Ukhkhun untuk menu anak dan Ukhkhun Fantasi untuk menu kudapan, TP PKK Tubaba berhasil meraih penghargaan sebagai juara Harapan II.


Saat diwawancarai via ponsel, Sujatmiko menyampaikan beberapa manfaat ikan Ukhkhun sehingga menjadi bahan dasar dari sajian menu yang ditampilkan dalam lomba ini.


“Ikan gabus selain banyak ada di Tubaba, setidaknya memiliki  5 manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan otot, lalu membantu memperbaiki gizi buruk, dan juga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu Gabus juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi serta dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan,” urainya.


“Nah dengan semua ini, sebagai sumber gizi, ikan ternyata manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan, Dinas Perikanan mendorong masyarakat untuk terus melaksanakan program K3W (Kandang, Kolam dan Kebun serta Wisata), khususnya dengan membuat kolam, memelihara ikan dan gemar mengkonsumsi ikan,” lanjut pria berkumis ini menerangkan.


“Kita juga akan mengkampanyekan program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat Tubaba, dengan hadirnya Poklatsar (Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Ikan) di Tubaba akan memberikan literasi dan edukasi bagi masyarakat tentang berbagai macam olahan ikan untuk konsumsi. Ini akan membantu penurunan stunting di Tubaba,” pungkasnya.

Diposting Oleh Adil Firdaus
dinas Komunikasi dan Informatika