Sekda : SPBE Kunci Reformasi Birokrasi Di Tulang Bawang Barat

05 Dec 2023

Dibaca 148 Kali


Diskominfo Tubaba - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Ir. Novriwan Jaya, S.P. membuka Sosialisasi Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemkab Sumedang, di ruang rapat Bupati setempat Senin (4/12/2023).


Mewakili Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat, dalam sambutannya Sekda mengatakan bahwa Reformasi Birokrasi melalui peningkatan tata kelola dalam layanan administrasi pemerintahan dan juga layanan publik menjadi lebih efektif dan efisien melalui proses digitalisasi melalui SPBE.


"SPBE jelas  tidak mungkin kita abaikan, terlebih di era disrupsi informasi dan disrupsi teknologi membuat pola kerja dan hidup manusia sedemikian cepat berubah. Hal ini menuntut kita, pemerintah daerah harus adaptif terhadap perkembangan zaman,” ujarnya.


“Reformasi Birokrasi  dalam upaya melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap paradigma dan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi lebih baik,  tidak mungkin dilepaskan dari penyelenggaraan SPBE,” lanjutnya lagi.


“Saya minta kepada seluruh peserta untuk dapat memahami secara detail bagaimana cara Pemkab Sumedang dapat melakukan Reformasi Birokrasi melalui SPBE, hingga akhirnya menjadi peringkat tertinggi untuk kematangan Indeks SPBE secara nasional. Untuk itu, mulai saat ini SPBE harus menjadi kunci pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Tubaba,” pungkasnya.


Sementara itu, Pemkab Sumedang yang pada kegiatan ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik, Arif Syamsudin, S.Pd., M.T. menyampaikan proses transformasi digital melalui SPBE di Kabupaten Sumedang.


“Kami membangun Transformasi digital di Pemkab Sumedang selama sekitar 4 tahun. Pada awalnya banyak tantangan, dari beragam tingkatan di jajaran ASN. Namun karena komitmen dan kesungguhan kami, akhirnya penyenggaraan SPBE dapat berjalan dengan baik hingga menjadi peringkat pertama untuk kategori Pemerintah Daerah se-Indonesia,” katanya.


“Berdasarkan pengalaman dan proses tersebut, Pemkab Sumedang telah berhasil membangun super apps yang meningkatkan proses Reformasi Birokrasi di internal pemerintah daerah dan juga peningkatan pelayanan publik secara digital,” ujarnya lagi.


“Untuk itu sebagai bentuk sebuah komitmen, kami sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Ini menunjukkan komitmen yang kuat dari pimpinan, strong leadership ini menjadi kunci sukses dalam mereplikasi aplikasi SPBE yang telah dibuat”, tutupnya.


Acara kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis untuk proses dan juga prosedur penginputan pada aplikasi perencanaan. Turut hadir dalam acara ini, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat,  Kepala OPD serta seluruh sekretaris OPD dan sekretaris kecamatan se-Tulang Bawang Barat. (**)

Diposting Oleh FAJAR ANANDRA
dinas Komunikasi dan Informatika